Senin, 08 Juni 2009

Amris 1500 perak......??????



Amris 1500 perak??

Mungkin nggak sih bikin amris dengan harga 1500 perak???

Ceritanya kemaren pas weekend iseng-iseng nanya ke bakul kue yang menerima titipan kue-kue (reseller). Niat hati siy pengennya menitipkan hasil karya saya selama ini, sebenarnya nggak pede sama sekali tapi harus memberanikan diri juga akhirnya untuk Tanya ke Bakul kue titipan itu.

Saya lihat kue – kue di etalase itu semuanya rata-rata berharga 1500. Saya sempet terhenyak, wah kok bisa ya bikin kue seharga segitu. Kalau dipikir katakana saja si reseller itu mengambil untung 500 rupiah untuk setiap kue, lha…brarti dari produsen harga Cuma 1000 perak dong?? Bingung???jelas..!!! masak saya mau bikin amris seharga 1000 perak??percobaan pertama aja bikin satu resep punya si Ibuk bahan perbiji amris dengan bahan yang sudah saya minimalkan sekali sudah 2500 perak. Lha..trus tenaga kita ??pusinggg……!@!$@#$%$^%

Harga 2500 itu saja sudah pakai bahan yang biasa banget. Apa saya yang saya lakukan untuk menghemat biaya produksi demi terciptanya Amris seharga 1500 rupiah??
Seharusnya diresep pakai 3 telur untuk 100 gr tepung terigu ini saya mampatkan jadi satu telur dengan catatan Bu Fat cairan tetep pakai susu bukan air. Nah untuk susu yang biasa saya pakai merk U**tra Milk yang kemasan tetra pack 1 ltrnya seharga 12.500 rupiah saya ganti dengan susu segar si abang Susu dengan harga 4000 rupiah. Hasilnya sama saja dan lumayan menghemat biaya produksi 8.500 rupiah. Smoked beef enak dengan merk B*rn*rd* yang pabriknya dari sidoarjo itu saja sudah seharga kurleb 45rb untuk isi 12 slice (based on price at Carrefour jbr ya..). Haduwww…..gimana ya..!! setelah lirik-lirik merk yang lain akhirnya pilihan jatuh ke Beef Burger ajah yang paling murah merk V*G* yang Cuma 13rb rupiah untuk 10 slice. Lumayan juga siy cuman ya gitu sayangnya suka patah-patah nggak sebagus punya yang merk bikinan PT. Eloda Mitra itu. Untuk keju saya akalin pakai yang merk biasa aja yang seharga 10.000 rupiah untuk 250grnya, duh…kasian banget ya si Amris niy harus saya rombak jadi sedemikian rupa biar bisa menghasilkan Amris 1500 perak. Ini pun dengan catatan untuk 100 gr tepung bikin kulitnya harus bisa jadi 20 lembar kulit kalau nggak ya gagal…

Trus saya coba bikin kulitnya hati-hati banget dan sempet deg..deg’an bisa nggak ya jadi 20 lembar…hasilnya…???Hampir saja…Cuma jadi 18 lembar!!yahh….trus setelah aku isi dengan keju, beef dan telur jadinya jauh lebih mungil dari yang regular..hi..hi,…lucu banget..amris 1500 perak gedenya Cuma segede jempolan saya. Wah…bayangin ajah…sejempol yang kira-kira 4 cm lah…duh…gagal deh..masak saya mau jual kue mungil itu seharga 1500 dan otomatis si reseller ambil untung juga donk, katakana saja ambil 500 perak saja sudah jadi 2000 rupiah....nah, kalau orang yang nggak ngerti pasti bakal bilang duh..sekecil itu masak 2000 perak siy..mahal banget..!!!icchhh..sebell..padahal saya sudah muter otak supaya biaya produksi bisa hemat.

Inilah susahnya kalau hidup di kota kecil yang sebagian masyarakatnya pengennya makanan yang gede, enak, dan yang penting MURAH….tanpa mau tahu brapa harga produksinya…

Gimana caranya ya bisa menghemat biaya produksi tanpa mengurangi rasa yang enak…??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar