Senin, 08 Juni 2009

Roti Unyil Praktis



Seneng banget akhirnya kesampean bikin si Roti Unyil. Sempet blogwalking dan pilihan jatuh ke Resep punya Bu Fat yang saya baca di Blog mbak Vania, kebetulan di salah satu tabloid kuliner ada yang sedang membahas Roti untuk usaha dan saya jadikan referensi juga.

Untuk saya, sebagai pemula, urusan bikin roti ini memang nggak mudah. Apalagi yang punya bad experience dengan si Ragi yang jadi kunci untuk bikin Roti dan terlebih lagi bagi kita yang nggak punya mixer yang T.O.P untuk menciptakan adonan yang kalis, bisa siy pakai tangan kalau mau agak kerja keras sedikit…ups..banyak ding, cs capek banget bow..atau sekalian mau ngencengin lengan…??ha…ha…ha…

Kalau mau nyobain juga, dibawah ini resep yang saya pakai ya…saya baca di blog mbak vania..

400 gr Tepung Terigu Berprotein Tinggi
100 gr Tepung Terigu Serba Guna
1 btr telur
100 gr gula pasir
1 bks fermipan (11gr)
75 gr mentega
200 cc air (ikut saran mbak Vania di ganti dengan 100 ml susu cair+ 100 ml air).
1 sdt bread improver

Cara membuat :
- semua bahan dicampur dan di uleni.
- Tambahkan air, sambil terus diuleni hingga kalis,
diamkan 30 menit agar mengembang, Kempiskan...
- Timbang adonan @10gr
- Bentuk sesuai selera, diamkan lagi 30 menit sampai mengembang.
- Oles bagian atasnya dengan campuran kuning telur dan susu evaporated
(seperti yang dilakukan mbak Vania pakai campuran telur dan susu cair UHT).
- Oven (180 C) hingga matang, bagian atasnya kecoklatan.
(u/ seukuran tsb, sekitar 15 menit)
- Angkat, sajikan.

Waktu baca-baca resep diatas dan lihat dari cara membentuk roti di tabloid kuliner kelihatannya emang gambang banget tapi kenyataannya nggak semudah yang saya bayangkan. Bingung juga giman bikin roti yang ada sobekan-sobekannya..saya pakai pisau nggak bias juga eh..setelah lihat di tabloid ternyata digunting aja..he…he…(akibat baca yang nggak komplit jadi kelewatan caranya!)

Untuk isiannya saya cumin pakai kacang dan coklat serta campuran keduanya. Untuk isian coklatnya saya pakai DCC yang dicairkan, ditambah mentega dan sedikit susu cair. Komposisi masing-masing disesuaikan aja ya…

Cara membuat isian kacang sama seperti kalau kita mau bikin isisan untuk Ronde, yaitu kacang tanah tanpa kulit disangrai sampai matang, setelahnya hancurkan lalu tambahkan gula pasir.

Hasilnya tidak mengecewakan kok, apalagi kalau dimakan pas masih panas…wah..nggak kalah kok sama tukan jual roti manis,he…he…dari waktu ngoven aja bauny udah sampe ke rumah tetangga..wah…enak bener…cumin kalau sudah dingin jadi agak kering dan sedikit keras..mungkin saya aja kali ya yang baru pertama nyoba jadi belum expert….
Okey..untuk pemula selamat mencoba ya…

..Salam Pemula..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar