Minggu, 10 Mei 2009

Donat Kampung



Donat Kampung


Ceritanya saya sudah berani niy bikin Donat tapi bukan Donat kentang (karena sebelumnya saya agak males bikin yang pake ragi2an gini sering gagal siy), saya dan suami lebih suka donat tanpa kentang cz nggak nyesek di perut. Pulang kerja langsung nyobainnya setengan resep dulu takut kalau gagal kan sayang bahan-bahannya. Tapi alhamdulilah berhasil dengan sukses Cuma perlu sedikit penyempurnaan aja untuk toppingnya.

Rasanya teteup maknyuss..sampai esok hari aja masih tetep empyuk lho..lumayan buat sarapan. Resepnya pakai yang ada di Blog Mbak Rina Rinso “Donat Sedap”

DONAT SEDAP
Dikutip dari Almond Cream Donut. Variasi Roti Lezat dan Cantik 2. Sedap.

Bahan A :
200 gr terigu protein tinggi
½ sdt ragi instan
150 ml air es

Bahan B :
150 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang
1 sdt ragi instan
40 gr gula
30 gr susu bubuk
2 kuning telur
115 ml air es
1 sdt garam
50 gr margarin

Cara Membuat :
1. Aduk rata bahan A. Diamkan selama 1 jam.
2. Campur rata terigu, ragi, gula, dan susu bubuk. Tambahkan bahan A. Uleni rata. Masukkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit Kempiskan adonan.
3. Giling panjang adonan. Lipat 2. giling lagi memanjang. Cetak dengan cetakan.
4. Letakkan di atas loyang yg sudah ditabur sedikit terigu. Diamkan 75 menit sampai mengembang.
5. Goreng dengan api sedang.


Ini ada tips dari yang punya Blog:
1. Saat memasukkan bahan cair sebaiknya sedikit demi sedikit, jangan semuanya dimasukkan sekaligus. Mengapa ? Karena kadar air terigu berbeda-beda dan besarnya kuning telur juga berbeda, jadi penamakaian bahan cair disesuaikan dengan situasi dan kondisi. (aku praktekin tips ini dan memang bener air yang saya pakai sesuai resep itu sisa sedikit aja air nggak semua kepakai)
2. Saat mendiamkan adonan jangan berpatokan pada waktu tapi pada keadaan adonan. Bisa saja setelah didiamkan 30 menit adonan belum mengembang 2 kali (saya butuh waktu satu jam untuk adonan mengembang bagus sampai 2 kalinya!!)

1 komentar:

  1. Hi, it's a very great blog.
    I could tell how much efforts you've taken on it.
    Keep doing!

    BalasHapus