Kamis, 14 Oktober 2010

Sate Bekicot



Keripik bekicot memang sudah lebih dahulu tenar daripada sate bekicot. Saya sendiri tergelitik lihat si penjual sate bekicot yang suka mangkal di depan kantor saya. Bertanya-tanya seperti apa rasanya…apa seenak keripik nya…??





Jangan salah menilai binatang molusca ini lhoo…meskipun dia berlendir dan nampak menjijikkan tapi kandungan dan manfaatnya luar biasa. Kalau tidak bermanfaat mana mau bule-bule perancis dan orang-orang jepang doyan dengan escargot…nama keren hidangan berbahan dasar si bekicot ini. Apa aja gizi bekicot..??

Bekicot mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat untuk manusia seperti Kalsium dan Asam Amino. Creswell dan Kopiang (1981) merinci komposisi kimia bekicot, ternyata dagingnya memang kaya protein. Cangkang bekicot kaya kalsium, dan dalam daging tersebut masih terdapat banyak asam-asam amino.

Sumber data lain menunjukkan banyak kandungan bekicot seperti, protein sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya, lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fospor 78 mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.

Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4,62 gr, lisin 4,35 gr, arginin 4,88 gr, asam aspartat 5,98 gr, dan asam glutamat 8,16 gr.

Bukannya daging bekicot mengandung bakteri salmonella? Memang betul! Tapi ada cara untuk mengusir bakteri tersebut, yakni teknik pengolahan yang benar. Malahan dari temuan di lapangan, di Kediri, mereka yang biasa makan daging bekicot mengaku dapat menyembuhkan gatal-gatal, batuk, kudis dan sebagainya.

Trus rasanya gimana…??Menurut saya rasanya enak..kenyal seperti ampela ayam. Pake bumbu kacang seperti layaknya sate ayam gitu…per porsi si bapak jual seharga 5000 perak yang isinya 10 tusuk..bahkan si bapak cerita setiap harinya dia bawa 500 tusuk sate bekicot…woww….brapa tuh omset si bapak per harinya….ckk..ck..ck….

Kalau anda mau memasaknya sendiri….bisa buka www.kompas.com 5 juni 2002 ada langkah-langkaj pembersihannya…

Setelah tau manfaatnya..masih jijik makan bekicot..???gak lahh…..enak kok..!!

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Escargot
http://kulinerkita.blogdetik.com/perihal/bekicot/gizi-bekicot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar